Selasa, 04 Juli 2017

Cara Cepat Daftar BPJS di Bogor Tahun 2017

Assalamualaikum!
Hari ini aku daftar BPJS di Kantor Bogor BPJS Jl. Ahmad Yani No. 26 E (kalau yang punya android bisa cek google map, lokasinya akurat). 

Jadi sebelum ini untuk asuransi kesehatan, aku pakai ASKES karena Papah aku PNS, jadi biaya asuransi kesehatan Istri dan (maksimum) 3 anak sudah ada. ASKES tidak berlaku lagi ketika anaknya sudah menikah atau beranjak usia 25 tahun. Berhubung kerjaan sekarang belum punya kantor, jadi aku mau daftar BPJS.

Kalau kalian 
Nah, cara paling mudah daftar BPJS adalah dengan cara:
1. Online ke website BPJS (bpjs-kesehatan.go.id)
Caranya kalian tinggal masuk ke website, dan klik daftar. Jangan ragu untuk baca semua persyaratan dan tolong dipersiapkan kelengkapan data-data yang akan diisi di halaman pendaftaran. Kelengkapannya sedikit kok, hanya Kartu Keluarga, KTP, dan nomor rekening. Nanti kalian tinggal bayar tagihan iuran pertama lewat Indomart atau ATM/ banking.

2. Telepon ke Call Center 1500 400 
Ini cara super mudah, dan lebih irit. Caranya tinggal siapkan kelengkapan seperti KK, KTP, dan nomor rekening. Setelah semua lengkap, nanti kita diberikan nomor virtual pembayaran iuran pertama kali. Setelah kita bayar (bisa di Indomart atau ATM/ banking), nanti kartunya akan dikirim ke rumah. Yeay! Supaya prosesnya gak kepotong-potong, pastikan isi pulsa kamu ya (tarif operator menyesuaikan), tapi biasanya gak sampai 25ribu kok.

Kelebihan sistem online dan telfon ini, kalian gak mesti ngantri panjang buat daftar, dan cuma modal internet sama pulsa.

Kalau kalian belum pernah terdaftar di ASKES, silakan daftar melalui kedua cara di atas. Aku sendiri berharap bisa daftar secara online atau telfon, tapi sayangnya enggak. Aku diarahkan untuk langsung daftar di kantor BPJS terdekat karena pernah terdaftar di ASKES.

Setelah googling, lihat orang berdesakan sampai ngantri dari jam 5 di kantor BPJS buat ngambil nomor pendaftaran, aku stress duluan. 

Tapi aku harus berrjuang! T_T

Cara Daftar BPJS di Bogor Tahun 2017
Kantor BPJS Bogor Jl. Ahmad Yani No. 26 E

Kira-kira aku sampai jam 8 pagi, dan itu orang rame banget tapi gak serame foto-foto yang di internet. Kayaknya memang semenjak ada pendaftaran jalur online dan hotline, antrian jadi berkurang.

Sebelumnya aku telfon dulu ke Call Center 1500 400 dan menanyakan persyaratan (ternyata memang persyaratan sekarang gak sebanyak yang dulu), dan cuma disuruh bawa Kartu Keluarga, KTP, Kartu ASKES lama, dan buku tabungan (semuanya masing-masing difotokopi satu kali)

Jadi aku berusaha gambar denah sederhana, buat yang mau persiapan alur pendaftaran. Sebenarnya simple kok (makanya aku gambar, kalo rumit mungkin bisa cek di blog sebelah XD). Mudah-mudahan permirsa mengerti.

JANGAN LUPA BAWA PULPEN :D

1. Parkir Kendaraan

Parkir kendaraan di sebrang kantor BPJS. Kalau datang jam 7 atau 8 bisa kelihatan ada tukang parkir dan jejeran motor. Kalau naik angkot, bisa langsung turun depan kantor. Naik angkot apa? Suwer gak ngerti (pas berangkat juga aku naik angkot dan itu rutenya beda T_T jadi nyasar dulu, sekarang emang angkot lagi penyesuaian rute)


2. Hampiri Pos Satpam

Di Pos Satpam ini kalian harus mengambil formulir pendaftaran. Biar gak salah ambil bisa tanya Bapak Satpam dulu. Setelah ambil formulir, kalian akan diberi secarik kertas kecil, yang isinya persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum ambil nomor antrian:
1. Formulir pendaftaran
2. KK asli+fotocopy
3. KTP asli+fotocopy 
4. Kartu ASKES lama asli+fotocopy
5. Buku tabungan asli+fotocopy


Cara Daftar BPJS di Bogor Tahun 2017
Jangan salah isi formulir, ngantrinya lama, Bosque ! XD

3. Gak Wajib

Di sebelah Pos Satpam ada tempat fotocopy kalau kalian belum sempet fotocopy berkas-berkas. Tapi seperti umunya tempat umum ya (?) pelanggannya cenderung ganas pengen "Saya duluan" mengingat antrian makin siang makin panjang. 


4. Isi Formulir

Di lokasi sudah disediakan pulpen dan meja serta kursi untuk kalian mengisi formulir pendaftaran. Tapi kebanyakan yang ngisi disana gak cuma isi terus pergi ngantri. Banyak yang juga yang ngisi sambil nelfon orang, mungkin kelengkapannya ada yang kurang. Atau ada juga orang tua yang kita harus maklum dalam mengisi formulir agak lama, dan ada juga yang sambil dibimbing. Untuk itu kita mesti fleksibel, gak harus kesel-kesel nunggu mereka, kalian bisa isi formulir sambil nemplok di tembok. Make sure temboknya gak kalian kotori ya!


5. Ambil Nomor Antrian

Panjangnya antrian ini gak mutlak, bisa pendek bisa panjang. Waktu aku ngantri, aku ditanya apa udah isi formulir? Kebetulan tadi rencananya mau ambil nomor dulu baru ngisi formulir sambil duduk di antrian. Tapi petugasnya bilang harus isi formulir dulu baru ambil nomor. Yaudah aku isi dulu formulir kemudian ambil nomor. Kayaknya nih ya banyak yang formulirnya masih belum lengkap saat sudah di loket pendaftaran, yang mana akan menyebabkan antrian makin panjang. Jadi kita usahakan ikuti aturan yang udah ada, gak usah banyak improvisasi :P



Antrian Nomor Antrian XD~

Aku jam 08.00 sudah hampir nomor ke 100 :D
Antara senang dan sedih, warga Bogor banyak yang sadar untuk daftar BPJS, tapi lutut aku "noroktok tuur" akibat belum sempet sarapan. Sekiranya masih lama antrian, sempet kok makan bubur depan kantor BPJS. Tapi kalau tau-tau antrian cepet dan nomer kamu kelewat, silakan ambil nomor antrian lagi ya XD

6. Ngantri Loket Pendaftaran

Antrian mutlak panjang. Pelayanannya rata-rata cepat sekitar 3-4 menit per/orang, kecuali yang ada persoalan berbeda. Aku sendiri ngantri duduk kurang lebih 1 jam (menunggu 30-40 antrian). Setelah nomor aku dipanggil, aku kasih berkas lengkap dalam satu map, dan pendaftaran Alhamdulillah lancar. Usahakan 2-3 nomor sebelum kamu dipanggil, sudah siap berkas di tangan untuk mempermudah dan mempercepat petugas input data.


Ini aku duduk di antrian loket pencetakan kartu, karena gak kebagian tempat duduk di loket pendaftaran, saat itu loket pencetakan kartu lagi lowong~ lowong aja segini bro sis

Bukti Pendaftaran

Beres input data, kita dapet tiket bukti pendaftaran, ini disimpan baik-baik, karena masih dipakai. Kalian bisa pulang dan tinggal nunggu SMS atau email konfirmasi pembayaran iuran pertama, SMS/ email akan muncul maksimal 3 hari, kalau belum ada juga bisa hubungi Call Center 1500 400.

7. Daftar Iuran di Indomart

*Update  Setelah 3 hari sehabis daftar, aku dapat SMS dari BPJS Kesehatan Bogor yang isinya memberitahukan nomor Virtual Account (VA), dan kita bisa bayar iuran pertama di Indomart atau ATM. Tapi kita gak bisa langsung bayar, karena aku diinstruksikan bayar seminggu kemudian. Nah minggu depannya aku mau bayar iuran pagi-pagi di Indomart tapi servernya eror hehe yasudah lewat ATM aja, sama gampangnya sih, tinggal pilih pembayaran > BPJS Kesehatan > masukin nomor VA> pilih mau bayar 1 bulan> beres

8. Balik lagi ke Kantor BPJS

Selesai melakukan pembayaran iuran, kalian bisa kembali lagi ke kantor BPJS, dan ambil antrian, kali ini tujuannya ke loket pencetakan kartu! Aku datang gak terlalu pagi, sekitar jam 09.30 tapi antriannya dikit loh, mau yang daftar kartu atau cetak kartu.


9. Ambil Kartu BPJS

Silakan mengantri sesuai nomor, bawa bukti pendaftaran (lihat tahap no 6), KTP (buat acuan ngetik nama), dan struk bukti pembayaran iuran pertama. Alhamdulillah kartu kalian udah jadi.




Alhamdulillah kartu BPJS sudah selesai, silakan membayar iuran tepat waktu. Sekalinya telat, dan kalian harus klaim, itu susah lagi, malahan bisa-bisa seluruh biaya perawatan gak ditanggung BPJS. Tapi ya aku doain semuanya yang baca blog ini, kartu BPJS-nya tidak terpakai alias selalu diberikan kesehatan dalam hidupnya, dan dilancarkan setiap pembayaran iurannya, kata lain rezekinya selalu mengalir deras seperti hujan di Kota Bogor ini :)






1 komentar: