Selasa, 25 September 2018

Lawan Ketombe dengan Selsun

Assalamu'alaikum

 Aku mau berbagi pengalaman aku mengenai masalah ketombe yang dulu parah banget sampai kulit kepala berdarah-darah dan ketombenya kayak flakes super besar, sampai sekarang yang jarang banget ketombean dan kalaupun ada bisa diatasi dengan cukup mudah.

Kalau temen-temen adalah survivor ketombe atau kenal sama orang yang menderita 'penyakit' ini, silakan dibaca ya, mudah-mudahan bermanfaat

Jadi tahun 2016 lalu aku dapat produk dari Rohto, yaitu Selsun (gara-gara iseng isi survei). Setahun sebelumnya aku sering googling tentang masalah ketombe, dan banyak banget orang yang berhasil menghilangkan ketombe dengan produk ini. By the way, ini emang foto lama banget dan aku putuskan untuk posting karena kalau ketombe aku lagi kumat parah, aku pasti balik lagi pakai Selsun, mungkin dari temen-temen juga masih ada yang bingung mau pilih shampo Selsun yang mana, secara variannya banyak banget.

Foto dan keterangan ini aku gabungkan dari website Rohto Indonesia.



Jadi berdasarkan research aku beberapa waktu yang lalu, dan berdasarkan keterangan dari website, sampo Selsun ini dibedakan menjadi 2 yaitu medicated dan daily use. Medicated merupakan sampo yang memiliki kandungan anti ketombe lebih kuat, namun masih aman digunakan, sedangkan sampo daily use diperuntukan pemakaian sehari-hari maupun sebagai selingan ketika sedang memakai sampo medicated.

Selama ini sampo anti ketombe ramai diiklankan karena mengandung Zinc yang bisa membasmi ketombe. Sedangkan Rohto memiliki kandungan Selenium sulfide yang menurut mereka lebih ampuh membasmi ketombe dibandingkan dengan kandungan Zinc, bahkan Rohto memiliki sampo yang memiliki kandungan dari kedua bahan tersebut.

Untuk medicated products, Selsun memiliki 3 produk yaitu Selsun Blue, Selsun Yellow, dan Selsun Yellow Double Impact. Seperti dijelaskan di foto, Selsun Blue hanya memakai Selenium sulfide, Selsun Yellow memakai kandungan lebih tinggi Selenium sulfide dengan campuran Zinc Pto , dan Selsun Yellow Double Impact (mungkin) memiliki kandungan 2x lipat dari Selsun Yellow (tidak ada penjelasan di website).

Jadi temen-temen bisa menentukan sendiri mana yang cocok untuk rambut kalian. Kalau aku kena ketombe parah, aku paling cocok pakai Selenium sulfide aja, sedangkan kalau sudah mendingan, bisa pakai campuran. Begitu juga dengan selingannya.

Aku sendiri waktu kasus ketombe sampai kulit kepala berdarah-darah, memutuskan untuk memakai Selsun Blue (medicated). Berhubung aku memang keramas tiap hari, jadi aku pakai Selsun Blue 2-3 kali seminggu dengan selingan sampo lain (aku lupa ini, mungkin lifebuoy anti dandruff warna biru - saat itu satu keluarga pakai satu jenis sampo barengan). Pemakaiannya sama dengan sampo pada umumnya, yaitu basahi rambut, lalu tuang sampo di telapak tangan, busakan, lalu oleskan ke rambut sambil sedikit dipijat, diamkan sekitar 2 menit baru bilas. Karena saat itu kulit kepala lagi berdarah, sampoan pake apa juga perihnya luar bisa :)

Setelah pemakaian Selsun Blue ini, rambut aku jadi sedikit kering, tapi gak sampai megar kaya singa. Yang paling ga enak adalah wangi rambut setelah kering. Aku sama mas pacar enek banget, wangi rambutnya, dan kalau tiduran di suatu tempat pasti ninggalin scent yang ga enak. Sejujurnya emang samponya gak wangi, tapi sama sekali gak bau juga. Sekarang aku udah dilarang banget pakai Selsun Blue, tapi kalau lagi ketombean parah aku akalin dengan pakai Selsun dulu, lalu langsung keramas lagi dengan sampo lain, tidak menghilangkan scent, tapi jauh lebih nyaman.

Alhamdulillah ketombe aku hilang sekitar 2 minggu pemakaian, dan aku pakai Selsun daily use varian herbal & flower. Pokoknya kalau Selsun daily use itu tidak bikin kering rambut karena sudah mengandung conditioner (tapi aku sudah coba conditionernya Selsun, ini entah kenapa enak banget dan ga punya scent aneh kaya samponya).



Dari ketiga produk yang aku dapat, aku baru pertama kali coba Selsun Gold. Produk ini langsung jadi kesukaan aku, karena selain bisa menghilangkan ketombe, rambut aku juga menjadi lebih halus, mungkin karena katanya Selsun Gold ini mengandung 2x conditioner. Wanginya juga oke, kayanya mas pacar gak akan ngeh kalau aku pakai Selsun Gold ini :D



Dari semua produk Selsun yang pernah aku coba, 3 produk terbaik menurut aku adalah Selsun Blue, Selsun Gold, dan Selsun Nourishing Conditioner.
Jadi untuk temen-temen yang masih berkutat sama ketombenya, bisa coba sampo Selsun ini. Namun karena penyebab ketombe banyak sekali, termasuk genetik, hormonal, dan infeski jamur. Jika sudah mencoba banyak produk dan belum membuahkan hasil, aku sarankan segera periksakan ke dokter, karena ketombe juga merupakan salah satu gejala penyakit kulit serius yang harus segera mendapat penanganan medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar