Minggu, 30 September 2018

Menghilangkan Jerawat Di Punggung Berdasarkan Pengalaman

Assalamu'alaikum

Kali ini mau cerita pengalaman aku menghilangkan jerawat di punggung dan segala macam noda serta tekstur bruntusannya.

Kejadian ini dimualai waktu aku masih SMP, sekitar umur 12-13 tahun, dan mungkin penyebabnya dimulai dari waktu aku masih umur 7 tahun-an, pokoknya mungkin waktu Ibu aku sudah mempercayakan aku untuk mandi sendiri, dan gak ngecek lagi hasil mandi aku hehe XD 

Aku itu males banget gosok punggung, paling oles-oles aja pakai sabun lalu bilas, pikir aku udah bersih. Padahal, sel kulit mati dan kotoran (daki) serta keringat-keringat yang nempel di kulit punggung sudah mulai membentuk koloni.

Balik lagi, yang namanya membasmi jerawat itu harus sabar dan telaten. Produk-produk yang aku saranin di bawah juga belum tentu berhasil pada semua orang, tapi produk-produk ini merupakan produk terpilih yang memang paling banyak disarankan oleh temen-temen yang sudah berhasil menghilangkan jerawat punggung. Aku sendiri selalu mencoba satu per satu produk untuk melihat hasil, dan kalau memang cocok baru aku lanjutkan pemakaian dan memulai pemakaian tambahan produk yang lain.

Menurut aku, permasalahan jerawat pada kulit wajah dan punggung gak terlalu beda, tapi kalau kulit wajah itu lebih sensitif sehingga kandungan produk juga biasanya lebih ringan. Harga produk perawatan wajah biasanya lebih mahal dibanding perawatan tubuh, kadang sayang aja kalau pakai produk perawatan wajah di tubuh, belum lagi kandungannya belum tentu cocok. 

Berikut produk-produk yang aku sarankan untuk menghilangkan jerawat di punggung:

Sabun

1. Dettol Body Wash
Ini sabun yang aku masih pakai sampe sekarang, dan menurut aku yang paling ampuh ngempesin jerawat dan bikin kulit halus itu yang original (hijau), fresh (kuning), sensitive (ungu- tidak ada di gambar), dan cool (biru). Sayangnya sabun ini memang bikin permukaan kulit kering. Aku gak terlalu masalah karena tiap habis mandi pakai ini, aku oles kulit tangan dan kaki aku pakai body lotion, bagian badan tidak perlu. Perlu temen-temen ingat, selama masih berjerawat hindari melakukan scrub pada kulit. 
Dettol body wash ini terdapat dalam bentuk sabun batangan dan cair, aku lebih pilih sabun cair karena lebih lembut ke kulit (minimalisir gesekan) dan lebih higienis (kadang kalau nyimpan sabun batang di kamar mandi suka ada orang lain yang pakai, kita juga kurang tau apa orang tersebut bersih atau malah menularkan penyakit kulit).
Harga sabun ini beragam, untuk sabun batang tersedia ukuran kecil yang harganya kurang dari Rp10.000, sedangkan harga sabun cair tersedia mulai dari Rp20.000, temen-temen bisa pantau terus Official Shop Dettol di Shopee atau Lazada, karena sering banget diskon, aku biasanya beli stok saat itu XD

2. Acnes Soap Bar
Acnes soap bar ini hanya tersedia dalam bentuk batangan, aku sebenernya cocok pakai ini terutama waktu masih ngekost, karena peralatan mandi selalu dibawa ke kamar sehingga cuma aku yang pakai. Dibanding Dettol, aku lebih suka dengan sabun ini, karena hasil pemakaiannya tidak membuat kulit menjadi kering.  Sabun ini juga harganya murah, gak sampai Rp10.000, bisa dibeli di pusat perbelanjaan dan online shop.

Toner

 1. Acnes Powder Lotion
Untuk mempercepat penyembuhan jerawat, aku suka pakai produk ini setelah mandi, pokoknya saat kulit masih bersih dan sudah kering. Produk ini juga bisa dipakai di muka, tapi aku merasa produk ini meninggalkan residu putih, karena judulnya juga powder lotion ya, mungkin terdapat bubuk-bubuk anti jerawat. Kalau di apotek, mungkin Acnes powder lotion ini masuk ke golongan bedak cair untuk jerawat. Teksturnya cair banget, dan temen-temen cukup oles seidkit aja, gak usah tebal-tebal supaya produk bisa menyerap lebih baik. Jangan lupa ditunggu kering dulu baru bisa dilanjut pakai bajunya. Harganya sekitar Rp25.000-35.000 dibeli di pusat perbelanjaan dan online shop.


 Spray/ Mist 

Menurut aku, kegunaan mist itu sama dengan toner, bedanya produk ini hanya tinggal disemprot.
Menurut aku kalian bisa pilih salah satu aja mau pakai toner atau mist. Kebetulan aku gak pernah pakai mist ini karena aku merasa sudah cukup dengan pakai Acnes Powder Lotion.
Tapi kedua produk ini highly recommended dari temen-temen survivor back acne.
1.  Erha Acne Spray
Harga sekitar Rp70.000 bisa dibeli di klinik Erha atau online shop.

2. Puteri Acne Trouble Mist
Harga sekitar Rp35.000 bisa didapatkan di counter Mustika Ratu, berbagai pusat perbelanjaan, dan online shop.

Obat Totol

Obat totol biasanya dibutuhkan untuk jerawat yang tergolong besar karena biasanya kandungan penghilang jerawatnya lebih kuat. Sangat disarankan untuk dipakai tipis-tipis dan hanya di daerah yang sedang berjerawat (terutama jerawat besara) dan tidak disarankan untuk dipakai semuka.

1. Sariayu Intensive Acne Care
Banyak banget bahan penghilang jerawat, salah satunya sulfur yang terkandung dalam Sariayu Intensive Acne Care. Sebenernya aku gak cocok, tapi banyak temen-temen lain yang cocok. Harganya setau aku masih dibawah Rp20.000 dibeli di pusat perbelanjaan dan online shop.
2. Acnes Point Clear
Ini adalah produk yang sudah melekat sekali image-nya dengan Abel Cantika. Sebenernya produk ini lebih diperuntukkan kulit wajah tapi bisa juga untuk kulit punggung. 
Harga Rp23.000 bisa dibeli di pusat perbelanjaan dan online shop.

4 komentar:

  1. makasih for ur information

    BalasHapus
  2. Knpa ngilangin jerwat kok susah .. Klo mau sembuh kumat terus.... Pdhl udah pake anti biotik terus.... Langkah apa yang harus dilakukan

    BalasHapus
  3. Ka mau tanya kalo ngilanngin jerawat dipunggungnya lebih ampuh detol ato acnes? Makasih kaaa����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. maaf baru balas ya.. kalau aku lebih ampuh dettol, kalau di aku, dettol ngeringin jerawat banget, dan selama proses itu jangan dipegang2 jerawatnya, karena dettol agak ngeringin kulit, jangan lupa pakai lotion juga di kulit bagian tubuh lainnya kecuali punggung. semoga membantu yaa

      Hapus