Rabu, 28 Februari 2018

Nyobain BPJS di Puskesmas Pulo Armyn

Assalamu'alaikum

Kali ini aku mau sharing pengalaman aku berobat pakai BPJS di Puskesmas Pulo Armyn, Bogor Timur.

Yak, ini sedikit ilustrasi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan di Puskesmas. (Aki-Enin-Dek Hikaru)
Selain berobat, Puskesmas Pulo Armyn juga menyediakan banyak fasilitas kesehatan lainnya salah satunya imuniasi pada bayi, mudah-mudahan nanti aku bisa update lagi. Namun, kali ini aku cuma bisa sharing bagaimana tatacara pengobatan di Poli Umum aja ya, harap maklum.

Sedikit kisah, pertama kali aku pakai fasilitas BPJS di Puskesmas secara mandiri yaitu tahun 2017 lalu. Saat itu aku mengalami menstruasi yang berkepanjangan, dan memang sudah seharusnya ditangani spesialis, dalam hal ini dokter kandungan, jadi aku langsung dirujuk ke Rumah Sakit (membawa pengantar).

Kedua kalinya ke Puskesmas ini adalah waktu aku sakit demam, flu, dan radang tenggorokan. Menurut aku ini penyakit yang umum diderita namun memang butuh penanganan dokter apalagi sudah lebih dari seminggu, sehingga aku memutuskan untuk pakai BPJS.
 
Nah, bagi yang baru pertama kali mencoba fasilitas di Puskesmas Pulo Armyn ini, aku akan kasih tata cara alur pengobatannya.

(1) Tempat ambil antrian pendaftaran (2) Penjaga nomor antrian
 1. Ambil nomor antrian pendaftaran
Pendaftaran dibuka pada pukul 07.30 WIB tapi pengambilan nomor antrian sudah dimulai pada pukul 06.30 WIB. Biasanya Puskesmas mulai ramai pada pukul 07.30, tapi buat yang gak mau dapat antrian panjang, bisa datang jam 07.00 dan mengambil antrian.


2. Daftar 
Untuk pendaftaran pasien baru cukup hanya dengan membawa KTP dan kartu BPJS (bila perlu). Sebenarnya beberapa kali ada yang tidak bawa, asal ingat nomornya, biasanya dilayani karena pendaftarannya juga memakai sistem online sehingga petugas pendaftaran juga tahu. Hanya untuk pengguna BPJS hanya berlaku untuk anggota yang memang terdaftar dan tertulis di kartu BPJS nya bahwa anggota tersebut memilih Faskes Pulo Armyn. 

3. Tunggu depan Poli yang bersangkutan
Ketika kalian sudah daftar, kalian tinggal tunggu di kursi yang sudah disediakan, baiknya menunggu di dekat poli tujuan kita agar mudah jika dipanggil, apalagi kalau sudah siang, Puskesmas sudah kaya pasar, pasti ribet banyak orang hilir mudik.

4. Berobat
Setelah dipanggil, suster akan mengambil beberapa data awal seperti tensi dan menanyakan keluhan kita sebelum diperiksa oleh dokter. Dalam hal ini aku hanya pernah ke dokter umum dan dari pengalaman aku, kita harus benar-benar tau gejala penyakit kita, kalau bisa dari saat nunggu kita pikir dan siapkan jawaban:
1. Gejala (kalau bisa sekalian cek apakah ada yang timbul pada tubuh, seperti bercak, dll)
2. Lama sakit
3. Alergi obat
4. Penyakit kronis
5. Selama sakit kemarin sudah minum obat apa

Kenapa harus disiapkan? Karena di Puskesmas itu banyak banget pasien dan bahkan saat kita diperiksa, sudah ada yang nunggu di kursi belakang. Kita diperiksa juga tidak tiduran, bahkan seringnya tidak disentuh sama sekali. Jadi kita harus jelaskan secara detail apa yang kita derita bahkan kalau ada gejala pada tubuh, langsung diberitahukan sambil diperlihatkan. Supaya dokter bisa dengan akurat mengobati atau bisa menentukan apakah harus segera ditangani oleh dokter spesialis.

Pengalaman aku kemarin aku sakit maag, dan ada gejala lain, jadi aku takut maag kronisnya kambuh. Lalu aku diperiksa dan gak diteken-teken perutnya XD lalu karena aku bilang aku sudah ada obat maag yang biasa aku minum, aku hanya diberi vitamin B serta paracetamol. 

5. Ambil obat 
Setelah diperiksa, kalian akan lanjut diberi obat atau akan lanjut ke lab atau dirujuk ke rumah sakit (untuk penyakit tertentu). Bagi yang sudah diberi resep, kalian bisa langsung ke tempat pengambilan obat (di gambar ini no 4). Jadi bisa langsung taruh resep dan tunggu obatnya. Untuk peserta BPJS setelah mengambil obat bisa langsung pulang, tapi untuk pasien non BPJS, bisa bayar tindakan serta obat di kasir (gambar kotak no 2, kasir terdapat di sebelah loket pendaftaran)

Nah sekian tata alur berobat di Puskesmas Pulo Armyn.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Ohya aku ada daftar list harga tindakan-tindakan meski agak miring.
Semoga masih bisa kebaca ya ~_~
 

1 komentar:

  1. halo,
    terimakasih sudah berkunjung , dan memberikan penilaian terhadap kami , semoga pelayanan kami semakin prima ;)

    BalasHapus