Senin, 28 Mei 2018

Review Mineral Botanica Brush Set

Assalamu'alaikum

Kali ini aku mau sharing pengalaman aku memakai Mineral Botanica Brush Set selama 1 tahun lebih. Iya 1 tahun lebih baru di-review XD antara males-malesan, tapi hikmahnya Insyaallah review ini akan bermanfaat bagi kalian karena aku sudah pakai lama banget, dan bisa tau kualitas brush-nya menurun atau tidak selama dicuci-pakai selama 1 tahun. By the way, selain brush set ini aku hanya punya stippling brush dari Mashami Shouko, lip brush dari Tammia, dan blending brush dari Armando Carusso, jadi untuk sehari-hari aku rata-rata pakai dari Mineral Botanica. 


Pembelian Mineral Botanica Brush Set  sudah disertai dengan wadahnya (gak tau ini disebutnya apa) -_-"
Aku sendiri gak pernah pakai wadahnya, kecuali untuk bepergian agar brush-nya tidak rusak dan lebih rapi. Mineral Botanica Brush Set ini terdiri dari 10 buah brush yaitu 3 face brush, 4 eye brush, lip brush, spoolie dan brow brush/ comb.


⧫Face Brush⧫
 1. Powder Brush
 Ini adalah brush yang paling besar dari semuanya. Fungsinya adalah untuk mengaplikasikan make up yang berbentuk powder, biasanya untuk bedak tabur, bedak padat, foundation powder, dan blush on.
Aku pakai brush ini hampir setiap hari dan dicuci setiap seminggu sekali, karena brush ini selalu dalam kondisi kering, jadi aku rasa gak masalah untuk cuci seminggu sekali. 
Bulu yang terdapat pada brush jika dipegang akan terasa halus sekali, sangat lembut. Namun apabila dielus ke kulit wajah, maka akan terasa sedikit "menusuk", namun masih dalam kategori lembut. Aku sendiri sampai saat ini masih pakai, dan belum terpikir untuk ganti brush karena tidak ada masalah. Setiap aku aplikasikan bedak tabur, pasti merata dengan sempurna. Dalam waktu satu tahun ini, aku gak menemukan masalah bulu rontok atau menjadi kaku, gagangnya pun masih dalam kondisi sangat baik.


2. Angled Blush Brush
 Sebelum punya brush ini, aku selalu beli blush on yang sudah terdapat kuas di dalamnya. Pasti kalian tahu sendiri kalau brush bawaan biasanya kecil-kecil, bahkan beauty blogger/ vlogger pasti selalu bilang brush-nya useless, tidak bisa dipakai. Ya, sebenernya kalau gak punya brush, pasti kepakai daripada aplikasi pakai jari yang pernah hidup susah pasti ngerti. Tapi kalau kalian ada budget, alangkah baiknya memang memakai brush yang lebih besar. Aku sendiri cukup puas dengan angled blush brush keluaran Mineral Botanica ini. Aku biasanya pakai brush ini untuk aplikasi shading atau blush on. Dengan memakai brush, aku merasa blush on/ shading yang diaplikasikan akan build up perlahan dan kita bisa jauh lebih mudah mengontrol warna agar tidak terlalu tajam.
 

3. Concealer brush
Nah ini adalah salah satu brush yang paling sering aku pake, karena concealer lebih penting daripada bedak XD
Menurut aku, concealer yang diaplikasikan oleh brush ini akan lebih bagus dan coverage-nya bisa naik, apalagi bagi pemula yang masih belajar aplikasi concealer atau kalian yang menghindari tangan belepotan concealer. Dalam pemakaiannya, karena digunakan untuk produk cream maupun cair, jadi harus sering dicuci sekitar 2-3 hari sekali.
Sayangnya brush ini paling cepat rusak dan bulunya renggang, tapi ya lumayan untuk 6 bulan lebih masih bertahan. Kalau kalian suka banget pakai concealer brush, bisa beli yang kualitasnya lebih bagus merk lain :)



⧫Eye Brush⧫
4. Blending brush 
Seperti yang aku sudah bilang, aku sebenernya sudah punya blending brush dari Armando Carusso, tapi blending brush dari Mineral Botanica ini masih kepakai kok. Kali ini karena ada pembanding, aku bisa bilang kalau brush Armando Carusso saat blend eyeshadow di kelopak mata, terasa lebih lembut dan warnanya terbaur dengan baik. Sedangkan untuk brush dari Mineral Botanica, masih terasa lebih 'keras' dan warna dari eyeshadow-nya tidak terlalu keluar. Bagus untuk yang masih belajar, kalau kalian blend pakai brush Mineral Botanica, warna yang keluar akan terlihat halus. 

5. Pointed brush/ Pencil brush
 Nah ini adalah salah satu brush yang sangat terpakai buat aku, apalagi untuk outer corner, bahkan kalau lagi iseng aku pakai ini buat blending, ya ga boleh untuk blending karena pasti nusuk-nusuk mata XD Sampai sekarang brush-nya masih bagus~

6. Paddle brush
Ceritanya ini lupa gak ke-foto, kalau kalian penasaran, ini brush yang bentuknya miring kaya angled blush brush. Jujur ini jarang banget aku pakai, dan aku biasanya pakai ini untuk shading area hidung, dan fungsi paddle brush ini sudah diambil alih oleh blending brush.


7. Eyebrow brush
Bagi yang suka gambar alis, pasti eyebrow brush ini penting ya. Tapi menurut aku brush-nya kurang keras dan masih terlalu lembut untuk ukuran eyebrow brush yang biasanya enak untuk dipakai gambar alis.


⧫Eyebrow⧫
8. Brow Brush/ Comb
Brush yang bentuknya kaya sisir ini cukup terpakai buat aku. Biasanya aku selalu sisir alis dan bersihkan alis dari bedak atau foundation yang nempel di alis, sebelum aku gambar alis. 

9. Spoolie
Spoolie ini bisa dipakai sebelum maupun sesudah menggambar alis. Jadi sebenernya kalian bisa aja  cuma punya 1 brush diantara brow brush atau spoolie karena memiliki fungsi yang relatif sama, tinggal pilih aja mana yang disuka. Kedua brush ini masih bagus sampai sekarang.
 


10. Lip brush
Terakhir, ini adalah brush yang jarang aku pake, bener-bener jarang karena aku gak bisa pakainya. Menurut aku brush-nya terlalu keras dan kalau mau aplikasi lipstik, gak bisa rata. Tapi waktu lagi demam gradation lips ala-ala Korea, brush ini luar biasa kepake. Gradation lips hanya memakai warna-warna bold di bagian tengah bibir, dan brush ini sangat membantu sekali.
Kalau kalian cari lip brush yang bagus, aku dulu pernah mencoba dari Tammia dan sebenernya yang paling bagus itu lip brush seharga Rp2.000- dari toko kosmetik. Sorry Mineral Botanica, tapi aku harus jujur, dan aku yakin sebenernya kalian bisa bikin lip brush yang jauh lebih baik.



Kesimpulan:
Mineral Botanica Brush Set ini sangat cocok untuk pemula, namun tidak direkomendasikan untuk profesional. Packaging-nya sangat oke, dan dalam waktu pemakaian sekitar 1 tahun lebih, aku gak merasakan penurunan kualitas brush kecuali pada lip dan concealer brush. Sayangnya Mineral Botanica Brush Set ini tidak dilengkapi dengan foundation brush (Setahu aku Mineral Botanica menyediakan foundation brush secara terpisah).


Harga: Rp150.000
Sudah tersedia di berbagai e-commerce maupun toko-toko kosmetik~

Semoga review-nya membantu teman-teman semua..
 Kritik, saran, dan pertanyaan bisa kontak aku atau tulis di kolom komentar :)
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar